Minggu, 30 Januari 2011

Belajar Origami Yuk...

Ide untuk menulis hal ini ketika diriku sedang chat dengan seorang teman ketika mencari ide tentang kegiatan harian untuk adik-adik asuhku. Dan ia pun memberi ide untuk bermain origami. Dan pikirku, ehhm... oia, lucu juga.. kenapa nggak? nice idea...
Dan aku pun iseng meng-gugel tentang origami ini, dan tau nggak? ternyata origami itu adalah seni belajar melipat yang berasal dari negri Cina, bukan dari Jepang seperti selama ini yang kita pikirkan, hanya saja emang seni ini berkembang pesat di Jepang.

Origami akan meningkatkan kemampuan kita di bidang matematis dan seni, selain itu juga mempertajam intuisi kita dengan berkonsentrasi untuk melakukan proses-proses dalam melipat origami. Bagi anak-anak, banyak manfaat dan hal positif dengan bermain dan belajar origami, antara lain:
  • Melatih motorik halus pada anak sekaligus sebagai sarana bermain yang aman, murah, menyenangkan dan kaya manfaat.
  • Lewat origami anak belajar membuat mainannya sendiri, sehingga menciptakan kepuasan dibanding dengan mainan yang sudah jadi dan dibeli di toko mainan.
    Membentuk sesuatu dari origami perlu melewati tahapan dan proses tahapan ini tak pelak mengajari anak untuk tekun, sabar serta disiplin untuk mendapatkan bentuk yang diinginkan.
  • Lewat origami anak juga diajarkan untuk menciptakan sesuatu, berkarya dan membentuk model sehingga membantu anak memperluas ladang imajinasi mereka dengan bentukan origami yang dihasilkan.
  • Apa yang dirasakan anak-anak ketika berhasil menciptakan sesuatu dari tangan mungil mereka? Kebanggaan dan kepuasan sudah pasti. Terlebih lagi anak belajar menghargai dan mengapresiasi karya lewat origami.
  • Belajar membaca diagram/gambar, berpikir matematis serta perbandingan (proporsi) lewat bentuk-bentuk yang dibuat melalui origami adalah salah satu keuntungan lain dari mempelajari origami.
  • Selain manfaat-manfaat tadi, bermain origami juga melatih anak berkomunikasi, mengungkapkan apa yang dipikirannya serta memberikan waktu bermain yang menyenangkan bersama orangtua. Seperti mengkomunikasikan bentuk apa yang tercipta dari selembar kertas yang dilipat atau anak akan berlatih bertanya kepada orangtua bila terganjal kesulitan di tengah jalan.
Jadi, sudah kuputuskan bahwa aku akan sering-sering bermain origami dengan adik-adikku...
Nanti akan kuceritakan pengalamanku bersama mereka yah...

0 komentar:

Posting Komentar