Selasa, 01 Maret 2011

Mulai dari Diri Sendiri

Sebuah petuah bijak terukir di wajah batu nisan makan Westminster Abbey, seorang arsitek kerajaan Inggris yang dinobatkan sebagai salah seorang jenius, sejak tahun 1100 M. Pada tulisan itu tertera:
Ketika aku masih muda dan bebas berkhayal, aku bermimpi ingin mengubah dunia ini agar bisa menjadi lebih baik. lalu seiring dengan bertambahnya usia dan kearifanku, kudapati bahwa dunia tiada pernah menjadi lebih baik. Maka cita-cita itu pun agak kupersempit, lalu kuputuskan untuk hanya mengubah negriku sendiri. Namun, tampaknya hasrat itu pun tiada membawa hasil. Ketika usiaku semakin senja, dengan semangat yang masih tersisa, lalu kuputuskan untuk hanya mengubah keluargaku sendiri, yakni orang-orang yang paling dekat denganku, namun celakanya mereka pun ternyata tidak mau berubah.
Dan hari ini sementara aku berbaring untuk menanti ajal, tiba-tiba saja kusadari; seandainya saja dulu aku berpikir bahwa yang pertama-tama kuubah adalah diriku sendiri, maka dengan menjadikanku panutan, mungkin aku akan bisa mengubah keluargaku terlebih dahulu. lalu berkat insiprasi dan dorongan mereka, bisa jadi aku pun akan mampu memperbaiki negriku. Kemudian siapa tahu, dengan begitu aku bahkan bisa mengubah potret dunia ini!"
http://www.ayahkita.blogspot.com

0 komentar:

Posting Komentar